Sabtu, 15 Februari 2014

CARA MEMBAGI PARTISI DENGAN MUDAH

Kita mungkin pernah sering kerepotan mengatur jumlah data yang ada dalam harddisk jika ingin melakukan dual SO(System Operation) , ini disebabkan kita susah untuk mengatur partisi yang didalamnya. Jika kita tidak mengaturnya lebih dulu , maka kita harus mengorbankan partisi yang ada. Naah , hal itu akan sangat merugikan kita kan??karena dapat menyebabkan kehilangan data yang ada. Hal tersebut dapat  kita cegah dengan melakukan prepare lebih awal. Sebelum lanjut kita harus mengenal dulu apa itu harddisk.
  
Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan internal yang digunakan oleh komputer dalam melakukan penyimpanan data. Ukuranya bervariasi , minimal laptop dan komputer keluaran sekarang berukuran 160 , 320 , dan 500 GB(Giga Byte). Berperan dalam penyimpanan data sehingga sangat vital , jika didalamnya terdapat data – data penting akan menimbulkan kekesalan kita jika data tersebut hilang. Oleh karena itu kita harus hati – hati dalam menyimpan data , jangan hanya menyimpan pada internal tetapi juga harus menyimpan pada media external.

Okke ... Lanjut ya jika kita sudah berbicara sedikit tentang harddisk , sekarang langsung menuju ke pembahasan utama. Dalam pembahasan kali ini , digunakan salah satu program pada sistem operasi windows 7 ultimate untuk melakukan partisi manakala kita ingin berbagi dengan SO lain.
Ikutin tahap di bawah ini , sebelumnya baca bismillah dulu agar diberi kelancaran...

  1. Menuju bendera windows , lalu klik sekali.
  2. Menuju Menu”My Computer” dan klik kanan sekali pada Menu bagian Windows.
  3. Pilih Menu”Manage”lalu klik 2x. Lalu akan ada proses loading...
  4. Muncul tampilan utama beserta Menu – menu utamanya.       
  5. Menu utamanya ada 3 yaitu , System Tools , Storage , dan Service and Aplications.
  6. Pilih Menu”Storage” , lalu pilih”Disk Management”.
  7. Pilih partisi yang di urai jumlah data nya untuk di buat partisi baru.
  8. Lalu pilih”Shrink Volume” : Jika ingin mengurangi partisi yang ada.        
  9. ”Extend Volume” : Untuk menambah partisi jika ada partisi yang kosong.
  10. Isi sejumlah angka  data yang diinginkan untuk di rubah , disini menggunakan ukuran byte dalam pengukurannya. Setelah itu klik button ”Shrink” atau tombol ”Extend” (kalau menggunakan menu extend menu) setelah selesai.
Nahh  .. mudah dan praktis kan menggunakan cara seperti itu , jadi kita dapat mencegah kehilangan data karena sudah melakukan perencanaan lebih dulu untuk melakukan partisi. Setelah itu silahkan kalian gunakan partisi yang baru tersebut untuk SO selain Windows ataupun untuk menyebar pembagian data kalian . Selamat mencoba dan semoga berguna ...
See you ...

0 komentar:

Posting Komentar